Busana Pengantin Bugis

Konon, tata rias rambut dan perhiasan pengantin wanitanya menggambarkan keindahan bunga teratai dan keanggunan burung merak.

Keindahan busana dan tata rias pengantin dari Sulawesi Selatan berasal dari dua kerajaan besar pada masa lampau, yakni daerah Bugis yang bersumber dari kerajaan Luwu serta daerah Makassar yang bersumber dari kerajaan Gowa.

Busana pengantin Bugis memiliki karakteristik tersendiri. Baju Bodo pengantin menggunakan hiasan lempeng dan Taboro yang dipasang sepanjang pinggiran bagian atas dan bawah busana. Rias sanggulnya unik, dimana sanggul berdiri tegak dibagian belakang kepala. Aksesoris rambut berupa Pinang Goyang serta bunga Simpolong yang dipasang di sisi kiri dan kanan menambah meriah rias tatanan rambut. Keindahan tersebut dilengkapi lagi dengan Mahkota atau Bando.

Keseluruhan tata rias rambut ini, konon melambangkan keagungan merak. Tatanan rambut yang indah tersebut, dilengkapi hiasan hitam di dahi pengantin perempuan. Lukisan hitam ini menggambarkan siluet bunga teratai, bunga yang dipercaya sebagai bunga suci dan kaya akan kegunaan.

Pencarian yang Datang:

2 thoughts on “Busana Pengantin Bugis

  1. gardini simang says:

    salam. Saya dari malaysia dan sedang mencari busana pengantin bugis yg terbaru. Boleh kirimkan gambr yg terbaru mungkin juga ada untuk di jual. Tlong quote harga sekali. Terima kasih sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>