Busana Pengantin Aceh

Suku bangsa Aceh adalah salah satu suku bangsa yang mendiami provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Adat pernikahan Aceh, yang salah satunya tercermin dalam busana pengantin Aceh, memiliki nilai-nilai simbolis alias makna yang dalam.

Busana yang dikenakan oleh pengantin laki-laki dalam busana pengantin Aceh di antaranya tutup kepala/kopiah (kupiah meukeutob), baju (bajee), celana (siluweue), kain sarung/songket (ija krong), senjata, sepatu, dan aksesoris lainnya.

Busana pengantin Aceh wanita dibagi menjadi busana bagian atas, tengah, dan bawah. Contoh busana bagian atas adalah tusuk sanggul (culok ok). Busana bagian tengah alias baju dari mempelai wanita berupa baju lengan panjang. Sedangkan busana bagian bawah untuk busana pengantin Aceh dahulu biasanya berupa celana yang terbuat dari tenunan benang sutera yang disebut siluweue meutunjong. Selain itu, busana pengantin Aceh juga memiliki perhiasan-perhiasan/aksesoris yang dipakai oleh mempelai wanita dan menambah kecantikan serta melambangkan makna-makna tertentu yang dalam.

Busana pengantin Aceh melambangkan nilai-nilai kehidupan seperti ketaqwaan, keindahan, keterbukaan, dan kesakralan yang merupakan nilai harian yang dipegang oleh masyarakat Aceh.

Busana Pengantin Aceh adalah Salah Satu Simbol Kekayaan Budaya

Rias dan busana pengantin Aceh merupakan salah satu simbol kekayaan budaya. Busana ini dipakai ketika kedua mempelai melangsungkan resepsi perkawinan.

Rias busana pengantin yang dipakai pengantin laki-laki yaitu kopiah meukeutob atau lebih dikenal kopiah Teuku Umar, baju kemeja bermotif bordir khas Aceh, celana yang ditimpa kain songket dan tidak lupa dipasangkan rencong di pinggangnya.  Sementara rias busana pengantin yang dipakai pengantin wanita yaitu sanggul dengan berbagai aksesoris di atasnya seperti bunga maupun tusuk sanggul yang berwarna emas atau perak, anting-anting yang indah, kemudian baju berbahan beludru ataupun sutera. Pakaian tersebut ditambahkan aksesoris kalung, gelang dan cincin. Di bagian bawah memakai celana tunjong yang ditimpa songket di atasnya.

 

Pencarian yang Datang:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>